Thursday, October 21, 2010

Legend of the Guardians : The Owl of Ga'hoole (2010)


"You are what you dream"


Adalah sebuah quotes yang menurut saya paling mengena dari film ini. Film ini bercerita mengenai burung hantu bernama Soren. Ia dan adiknya, eglentine, sangat suka mendengarkan dongeng tentang pertarungan antara guardians dan metalbeak dari ayahnya. Dilain pihak, kakak mereka, kludd, menganggap bahwa cerita itu adalah sebuah omong kosong. Suatu hari ketika Soren dan Kludd sedang berlatih terbang, mereka terjatuh dari pohon mereka dan disanalah mereka diculik oleh burung hantu lain dan dibawa ke sarang mereka untuk dijadikan budak.Disanalah soren bertemu Gylfie dan mereka berusaha melarikan diri. Saat itu jugalah kludd menghianati Soren dan memilih untuk menjadi prajurit di sarang tersebut. Dalam pelariannya, Soren dan Gylfie bertemu dengan Twilight dan Digger yang pada akhirnya membantu mereka untuk mencari para guardians untuk menyelamatkan Kludd dan menghancurkan sarang tersebut yang ternyata memiliki sebuah material yang akan digunakan untuk menguasai dunia.


Oke bahkan saya sendiri merasa cukup bingung dengan sinopsis ini. Well, pada dasarnya, film ini merupakan sebuah adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Hanya saja, sayangnya novel tersebut merupakan trilogy dan pada film ini, trilogy tersebut dipadatkan menjadi 1 film dengan durasi kurang-lebih 90 menit. Seperti yang bisa dibayangkan, ya, film ini memiliki alur yang sangat padat dan terasa sekali dimana akhir setiap jilid novel trilogy tersebut. Hal ini menyebabkan alur atau flow film ini terasa sangat naik turun dan merusak hal yang seharusnya bisa disebut klimaks. Well, tapi setidaknya meskipun dengan alur yang menurut saya amburadul, saya suka ceritanya karena menurut saya ini benar-benar cerita untuk bedtime stories.

Satu hal yang membuat saya tahan menonton film ini adalah Animasinya! Ya tuhan saya menyesal tidak menonton film ini dalam 3D. Saya benar-benar suka melihat para burung hantu itu dengan gerakan-gerakan akrobatnya di udara dan gambaran bulu mereka yang begitu detail. Benar-benar keren!

Untungnya, permusikan dalam film ini masih mendukung film ini. meskipun dengan cerita yang menurut saya alurnya terlalu naik turun, scoring yang diberikan dapat membuat saya cukup terbawa suasana dan ya tuhan saya suka sekali lagu Owl City - To The Sky yang diputar ketika Soren sedang berlatih. Entah kenapa suasana dan tempo lagu tersebut benar-benar pas dan lirik lagu tersebut juga digambarkan dalam film ini. Benar-benar mengajarkan untuk kita melihat mimpi.

Overall, film ini benar-benar memanjakan mata karena saya suka sekali CGnya. well, meskipun mungkin ada beberapa orang yang berpendapat bahwa film ini hanya sekedar CG so 2010, tapi saya merasa puas kok dengan CGnya. Tapi ya itu tadi, sayang sekali karena ini adaptasi novel, ceritanya jadi sangat terburu-buru. Tapi kalaupun dipisah, sepertinya akan menjadi film model The Golden Compass deh. Sangat menggantung dan sangat apa banget -____-. Selain itu pesan moral di film ini juga cukup banyak dan mengena. Well, at least ini bukanlah film yang membuat kita berpikir. Just take a seat and enjoy it guys :D. (Better watch it at 3D though)

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment. I do appreciate critics since hey, i'm an amateur here. Thanks.