Friday, October 22, 2010

Something The Lord Made (2004)


Something The Lord Made (2004) merupakan sebuah film dokumenter yang menceritakan tentang dr Blalock (Alan Rickman "Severus Snape") dan Vivian (Mos Def) dalam melakukan riset dunia medis dan bagaimana kontribusi mereka pada dunia medis sekarang. Berawal dari tukang kayu yang dipecat, Vivian menjadi Cleaning Service di lab dr Blalock hingga akhirnya dipercaya menjadi asisten lab karena meskipun Vivian berkulit hitam dan hanya lulusan SMA, ia memiliki kemauan belajar yang keras. Dimulai dari lab kecil dr Blalock, hingga akhirnya mereka melakukan riset di John Hipkins University yang merupakan universitas yang terkenal dengan pendidikan dokternya. Disana mereka menangani kasus bayi biru yang belum ditemukan solusi pengobatannya saat itu dan Vivian benar-benar membantu dr Blalock mencari solusinya meskipun dirinya selalu dicemoh karena kulit hitamnya dan dr Blalock yang temperamental yang tidak memberikan Vivian gaji yang pantas.


Sinopsis tersebut benar-benar tidak bisa menggambarkan seberapa inspiratifnya film ini. Inti film ini bukan terletak pada setengah atau potongan bagian film ini melainkan bagai sebuah puzzle yang baru terasa puasnya ketika semua potongan tersebut sudah disatukan. Ya, film ini sangat inspiratif. Bagaimana seorang Vivian bertahan dan menjalani hidupnya dalam diskriminasi kulit hitam dan tekanan dari keluarganya karena gajinya yang kecil tapi ia tetap mendedikasikan dirinya pada penelitian medisnya tersebut meskipun ia hanya lulusan SMA dan tidak memiliki latar belakang biologi atau medis sekalipun. Pesan moral dari film ini benar-benar terasa dan mungkin akan lebih terasa untuk mereka yang berkaitan pada bidang yang dicakup film ini.

Saya sama sekali tidak mention dengan nama Alan Rickman. Saya bukanlah tipe yang menghafal nama artis. Namun begitu dr Blalock berbicara, saya langsung tahu kalau ia adalah pemeran Severus Snape dalam film Harry Potter. Dengan logatnya yang khas dan nada antagonisnya. Tapi dalam film ini, ia membawakan karakter dr Blalock menurut saya cukup bagus. Sifat temperamentalnya terlihat natural.

Setting, Make Up, dan Scoring. Menurut saya, pemasangan settingnya sudah bagus karena saya merasakan nuansa tahun 40an dan terlihat nuansa kampus yang masih lama. Make Upnya juga menururt saya sukses. Karena tidak mungkin kan mereka menggunakan bayi biru sungguhan dalam shooting film ini? Bay tersebut benar-benar berwarna biru pucat loh. Pembuluh darahnya juga kelihatan. Scoringnya sendiri menurut saya standar karena ya itu, ini film dokumenter biografi kan?

Overall, saya suka film ini. Selain karena memang menginspirasi bidang keilmuan saya, film ini juga memberikan inspirasi dalam bagaimana menghadapi hidup sebagai seorang scientist, dan bagaimana pahitnya menjadi scienstist dalam bidang medik tanpa memiliki gelar dokter. Saya juga kaget ternyata rating film ini di IMDB mencapai angka 8,2 dan di rottentomatoes 90% dari Audience menyukai film ini. Untuk anda yang suka dokumenter, ada baiknya kalau mencoba menonton film ini. :D

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment. I do appreciate critics since hey, i'm an amateur here. Thanks.