Monday, March 1, 2010

Howl's Moving Castle (2004)


Howl's Moving Castle (2004) Merupakan sebuah film lain dari Studio Ghibli yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Sebetulnya, ide cerita film ini berasal dari sebuah novel inggris yang kemudian diangkat menjadi film oleh Hayao Miyazaki dan mendapatkan nominasi academy award.

Howl's Moving Castle bercerita tentang seorang pengrajin topi bernama sophie yang dikutuk oleh Witch of the waste menjadi nenek-nenek. Sophie pun pergi dalam pengelanaan mencari Howl, Seorang penyihir yang dipercaya dapat menghilangkan kutukan tersebut. Namun masalah dimulai bahwa ternyata kutukan tersebut juga membuat sophie tidak bisa mengatakan kepada siapapun bahwa dia dikutuk.

Selayaknya film Studio Ghibli lainnya, film ini adalah film yang penuh dengan pesan moral yang jelas. Meskipun film ini sangat berkesan fairytale, tapi film ini sangat tidak bisa dijadikan sebuah film Bedtime Movie karena ceritanya yang bisa membuat kita penasaran dan deg-degan menikmati alurnya yang tidak disangka-sangka.

Cerita dari film ini benar-benar bisa membuat saya deg-degan bagaimana perjuangan sophie dan kisah cintanya dengan howl. Bisa membuat saya emosi terhadap Witch of the waste dengan kelakuannya yang sangat menyebalkan juga.

Sayangnya, film ini terlalu kuat di bagian cerita sehingga animasinya terkadang membuat pusing dan warna yang kurang cerah sehingga membuat perasaan saya ketika menonton menjadi ikut suram. Musik yang dibawakan pun kurang menonjol sehingga hanya sebatas scoring biasa yang tidak terlalu melekat di hati.

Overall, film ini benar-benar film fairytale selayaknya film-film Disney. Dengan cerita yang terasa sangat dongen tapi dengan sentuhan gambar jepang. Oh iya, saya benar-benar menyarankan untuk menonton film ini dengan audio jepang. Dubber inggrisnya kurang bisa membawakan emosi karakter sehingga film ini terasa garing. Kita juga tidak perlu susah payah berpikir tentang film ini dan tinggal menikmatinya saja, Just take a seat and watch it guys! :)

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment. I do appreciate critics since hey, i'm an amateur here. Thanks.