Friday, March 19, 2010

Alice in Wonderland (2010)


Alice in Wonderland (2010), Sebuah film yang sepertinya sih sudah sangat familier sekali namanya di telinga kita. Kalau kata orang begini-begitu sequel ini sequel itu tim burton ini tim burton itu, jujur saja, saya nggak ngerti mereka ngomong apa karena saya nggak ngikutin cerita alice in wonderland yang sebelum-sebelumnya sama sekali. Saya cuma tahu garis besar cerita alice in wonderland bagaimana itu juga dari game Kingdom Hearts dan itu saja menurut saya sudah cukup untuk menarik minat saya untuk menonton film ini. Karena dari apa yang saya tangkap dari game tersebut cerita alice in wonderland ini sangat keren.

Lanjut menuju ide cerita, menurut saya sih ide ceritanya bagus. Tentang dunia fantasi yang yah, sangat Disney sekali lah. Tapi menurut saya sih kalau cerita dari dongeng ini ditujukan ke anak-anak kok rasanya kurang pas ya? Karena menurut saya ceritanya terlalu kompleks yang membuat penontonnya harus bepikir maksud dari cerita ini bagaimana dan tidak seperti fairytale umumnya yang cukup ditonton untuk dinikmati saja.

Untuk cast, saya benar-benar kasih applause banget karena akting castnya yang benar-benar bagus banget. White Queennya (anne hathaway) yang benar-benar gemulai dan entah kenapa setiap gerakannya seperti sedang menari balet, Mad Hatter (johny depp) yang benar-benar gila dan tokoh alicenya sendiri (mia wasikowska) yang terlihat sangat-sangat seperti spoiled princess, sampai Red Queen (helena bonham carter) yang sangat dapat sekali ketika mengucapkan kata-kata "Off with his head!". Makeup mereka juga yang membuat mereka tidak terlihat seperti manusia yang menurut saya keren dan juga kostum-kostum mereka, terutama alice, yang benar-benar glamor yang wow sekali. Tapi dilain pihak, meskipun kostum alice bagus-bagus, saya sedikit berpikir kenapa juga dia harus ganti-ganti baju terus?

Untuk musik saya ga bahas terlalu banyak disini karena lagunya dan scoring yang menurut saya ga menonjol dan menempel di hati. Jadi, selanjutnya adalah sinematografi dan efek yang menurut saya benar-benar keren. Bisa membuat saya menganga dan membuat saya serasa tersedot kedalam dunia alice ini. Wah benar-benar keren! Sedikit menyesal saya tidak menonton film ini dalam 3D karena saya yakin pasti keren sekali deh gambarnya dan efek-efeknya. Saya sampai merinding ketika si alice jatuh ke lubang kelinci karena di adegan tersebut menurut saya adalah efek yang paling keren yang diikuti efek ketika alice perang melawan bandersnatch. Pokoknya benar-benar keren deh efeknya!

Terakhir, mengenai setting, saya cukup suka dengan kastil(?) ketika alice masih di dunia manusia. setting tamannya yang bagus dan terlihat segar. Ketika dia di underland juga menurut saya juga setting dan penggambaran kastil-kastil white dan red queen dengan efek pohon-pohon dan bentuk kastil yang benar-benar keren. Dan entah kenapa sampai sekarang saya masih terbayang-bayang white castle yang dikelilingi pohon berdaun pink dan red castle dengan desain bangunannya yang menurut saya megah sekali.

Overall, Menurut saya film ini benar-benar keren sekali untuk sebuah remake karena efeknya yang benar-benar wah banget. Meskipun (katanya) ada beberapa adegan yang hilang seperti ketika alice menangis dan harusnya terjadi banjir dll berdasarkan pengakuan orang yang pernah menonton versi aslinya. Tapi berhubung saya tidak tahu hal-hal tersebut, jadi saya menerima apa adanya cerita film tersebut dan menurut saya : COOL! Oh iya sekedar saran, kalau mau menonton yang 3D, meskipun efek yang sangat wah, ada baiknya anda siap-siap sudah tahu ceritanya karena logat british film ini yang kental sekali sehingga sangat sulit didengar. Oh iya jujur saja, saya sempat tertidur 5-10 menit di akhir film ini karena saya tidak kuat berfikir cerita film ini haha.

Dan terakhir, Rating pribadi saya untuk film ini adalah 8 / 10

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment. I do appreciate critics since hey, i'm an amateur here. Thanks.